Mengatasi Muncul Error 505 di PlayStore
Ad Placement
Jika anda saat ini sedang mencari Cara Mengatasi Error 505 di PlayStore mungkin salah satu artikel ini bisa membantu anda memecahkan masalah. Pernah mengalami muncul 505 ketika sedang membuka Playstore? Nah, dengan berkembangnya pengguna android di tanah air membuat beberapa kasus seperti error semacam ini banyak orang yang mngalaminya. Saat membuka dan memakai PlayStore, tak selalu berjalan mulus. Kadang akan mengalami masalah seperti adanya kesalahan dan hanya muncul kode angka saja seperti Error 505, 495, 491, 504, dan Error 941. Apa yang dimaksud dengan kesalahan ini?

Mengatasi Playstore error 505 misalnya tentu akan berbeda penanganannya dengan error kode lainnya. Nanti kita akan bahas satu persatu tetapi untuk kali ini kita akan bahas error 505 di Playstore dahulu. Munculnya kesalahan playstore Error 505 disertai dengan tulisan "Unknown Error Code During Application Install" biasanya akan dialami ketika akan memasang aplikasi baru yang diunduh dari Playstore. Namun ternyata tak hanya itu. Masalah ini juga bisa dialami bukan saat sedang memasang aplikasi melainkan apapun aktivitas yang dilakukan dalam playstore. Nah untuk lebih jelasnya berikut cara mengatasi Unknown Error Code During Application Install yang bisa anda lakukan untuk menangani masalah ini.

Cara Mengatasi Muncul Error 505 di PlayStore

Mengatasi Muncul Error 505 di PlayStore


Sebelum membahas penanganan atau cara mengatasi Error 505 tersebut tentunya kita harus mengetahui dahulu penyebabnya. Ada beberapa faktor yang dapat menyebabkan munculnya masalah ini, antara lain :

  • Not Compatible Version, atau aplikasi yang terinstall atau akan diinstall ternyata tidak support pada sistem android milik anda
  • Bin Full atau terlalu banyak history sampah atau cache yang menyebabkan beberapa aplikasi berjalan lambat.
  • Ada kesalahan yang terjadi pada akun Google milik anda (akun Gmail)


Cara Mengatasi Unknown Error Code During Application Install

Ada beberapa cara yang bisa dicoba sesuai dengan penyebab munculnya masalah ini, diantaranya :

Restart Smartphone

  • Nah, mungkin simpel tapi sangat bermanfaat, yaitu restart smartphone anda untuk mengembalikan kinerja smartphone. Jika masalah 505 ini membuat layar hang atau tidak bisa bergerak maka lakukan Hard reset sesuai dengan merk ponse masing-masing.


Hapus Sampah
Jika masalah 505 belum terselesaikan, coba untuk melakukan pembersihan sampah history atau cache yang terdapat di smartphone anda mulai dari download manager, Playstore, dan juga service Framework. Untuk membersihkan cache aplikasi anda bisa menggunakan aplikasi bawaan seperti smart manager atau secara manual dengan membuka pengaturan di manager aplikasi dan hapus cache satu persatu pada masing-masing aplikasi termasuk aplikasi Playstore.

Buat akun Google Baru

  • Seperti yang sudah dibahas sebelumnya bahwa akun google juga bsia menjadi salah satu faktor maka bila error belum hilang perlu kita mengganti akun Gmail atau google milik kita yang disinkronkan dengan smartphone. Caranya :
  • Buka menu pengaturan pada dan tap pada pilihan APLIKASI
  • Setelah itu akan muncul beberapa akun(Gmail, Fb, WA, dll) pilih yang Google.
  • Selanjutnya akan muncul halaman keterangan akun dan sinkronisasi terakhir, pilih tab kanan atas titik tiga dan pilih hapus akun.
  • Setelah selesai, klik bagian bawah "Buat Akun Baru"
  • Lakukan pembuatan akun Google baru sesuai petunjuk termasuk nama, password, Nomor HP, dan alamat email.
  • Setelah selesai, lakukan sinkronisasi dengan mengeklik pada nama akun.


Reset Factory
Jika tiga diatas belum mampu menyelesaikan masalah kesalahan 505 di playstore, maka langkah terakhir adalah reset factory atau kembali ke pengaturan awal. Salah satu tujuan reset factory adalah mengemalikan sistem android yang crash agar memperbaharui sistem yang rusak secara otomatis. Untuk cara melakukan reset factory ada dua yaitu hard reset atau soft reset. Hard Reset  melakukan reset factory melalui tombol on/off dan volume, Cara akan berbeda pada masing-masing merk hp dan biasanya dipakai ketika memang kita sudah tidak bsia masuk ke menu pengaturan atau hp hang. Soft reset adalah melalui menu pengaturan dan pilih menu Back-up dan pilih Reset Factory atau "kembali ke Pengaturan Awal. Klik dan tunggu hingga proses selesai.

Jika anda melakukan reset factory ada baiknya lakukan backup data dahulu agar tidak kehilangan data penting kareba reset factory akan mengembalikan hp setara dengan smartphoen baru termasuk isi data.

Nah jika anda mengalami permasalahan seputar ponsel android, jangan buru-buru melakukan service atau membongkarnya, karena secara sistem, Android sudah memiliki kecanggihan sehingga terkadang hanya perlu melakukan beberapa hal seperti restart saja sudah bsia mengembalikan dan menghilangkan permasalahan yang muncul. Demikian cara mengatasi Playstore muncul error 505 atau  "Unknown Error Code During Application Install" dan membuat kita tidak bisa lagi menggunakan Playstore. Salam

Post a Comment

Ad Placement

Ad Placement

Ad Placement

Subscribe Our Newsletter